DPW Hidayatullah Sumatera Barat Gelar Pelatihan Paralegal

Hidayatullah Sumbar Gelar Pelatihan Paralegal, LBH Resmi Dideklarasikan

Kep. Mentawai, HidayatullahSumbar.com | Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Pelatihan Paralegal selama dua hari, Sabtu-Ahad (16-17 September 2023), di Pondok Pesantren Hidayatullah Mentawai, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dr. Dudung A. Abdullah, M.H., Ketua Departemen Hukum DPP Hidayatullah. Hadir para asatidz Hidayatullah, serta pengurus dari berbagai lembaga amal dan usaha yang berafiliasi dengan Hidayatullah Sumbar, di antaranya DPW Hidayatullah Sumbar, DPD Hidayatullah se-Sumbar, yayasan, sekolah, dan para pengajar (ustadz dan ustadzah) di lingkungan Hidayatullah Sumbar.

Dalam kegiatan ini, para peserta dibekali dengan pengetahuan hukum yang esensial, meliputi hukum perdata, hukum pidana, hukum acara, dan hukum Islam. Para peserta juga dilatih untuk mengaplikasikan ilmu tersebut secara praktis.

Ustadz Muhammad Irsyad Istoyo, S.Pd, Ketua DPW Hidayatullah Sumbar, menegaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum para dai dan guru di lingkungan Hidayatullah Sumbar. "Melalui pelatihan ini, kami berharap para dai dan guru dapat memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Ustadz Irsyad.

Pada saat yang sama, pendirian LBH Hidayatullah Sumatera Barat juga dideklarasikan secara resmi, dengan terpilihnya Nurdin Ismail, M.Pd. sebagai Direktur LBH Hidayatullah Sumbar.

Dr. Dudung A. Abdullah, M.H., Ketua Departemen Hukum DPP Hidayatullah, menyambut baik perkembangan ini dan berharap LBH Hidayatullah Sumbar dapat menjadi wadah bagi para dai dan daiyah untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. "LBH Hidayatullah Sumbar harus menjadi lembaga yang profesional dan independen," tegas Dr. Dudung.

Hasil Pelatihan

Pelatihan Paralegal yang diselenggarakan oleh DPW Hidayatullah Sumbar membuahkan hasil sebagai berikut:

Para ulama dan dai mendapatkan pengetahuan hukum dan menambah wawasan.
Terbentuknya LBH Hidayatullah di Sumatera Barat.
Dengan berdirinya LBH Hidayatullah Sumbar, diharapkan dapat mempermudah akses keadilan bagi masyarakat yang membutuhkan. (Nurdin)

Posting Komentar

Subhanallah!
Sepertinya ada sesuatu yang tidak beres dengan koneksi internet Anda. Hubungkan lagi koneksi internet Anda dan mulailah berselancar kembali!